Program Studi PGSD
Kode Program Studi | 86206 |
Jenjang Program Studi | Strata Satu (S.1) |
Predikat Akreditasi | Baik |
Tanggal Berdiri | 30 Juni 2021 |
SK Penyelenggaraan | 297/E/O/2021 |
Ketua Program Studi | Nurul Azmy Rustan, S.Pd.,M.Pd |
Jumlah Mahasiswa | 157 Orang |
Jumlah Dosen | 8 Orang |
Website | https://prodi-pgsd.unipol.ac.id/ |
Program studi PGSD secara struktural berada di bawah naungan Universitas Lamappapoleonro. Program studi PGSD berdiri pada tanggal 30 Juni 2021 berdasarkan SK Penyelenggara Nomor 297/E/O/2021. Program studi ini mulai beroperasi pada tahun 2021. Program studi PGSD memiliki 8 orang dosen dengan jumlah mahasiswa Angkatan pertama sejumlah 41 mahasiswa dan Angkatan kedua sejumlah 56 mahasiswa.
Kurikulum Perguruan Tinggi (KPT) yang digunakan pada program studi PGSD didasarkan pada dinamika kebutuhan masyarakat, realitas Pendidikan, regulasi terkait pendidikan tinggi,perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), serta relevan dengan visi dan misi perguruan tinggi. Prodi PGSD memiliki 54 mata kuliah dengan jumlah bobot sks yang ditawarakan sebanyak 146 sks, yang terdiri dari 2 mata kuliah konsentrasi bidang Matematika dan Bahasa Indonesia.
Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar mempersiapkan mahasiswa untuk mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, dan mengembangkan pendidikan yang unggul, berkarakter dan humanis melalui penguasaan materi yang baik, memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi untuk mengikuti perkembangan ilmu ke-SD-an.
Keunikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yaitu Humanis , humanis dapat diartikan bahwa mahasiswa mampu mengembangkan potensi dirinya. Pembelajaran humanistik berusaha mengembangkan individu secara keseluruhan melalui pembelajaran nyata. Pengembangan aspek emosional, sosial, mental, dan keterampilan dalam berkarier menjadi fokus dalam model pembelajaran humanistik. Pembelajaran humanistik selalu mendorong peningkatan kualitas diri manusia melalui penghargaannya terhadap potensi-potensi fitrah dalam hal ini segala potensi positif yang ada pada setiap insan, serta mendorong pengembangan afeksi, yakni kebutuhan manusia untuk mendapatkan respon yang baik atau perlakuan yang hangat dari orang lain. Hal ini diimplementasikan pada kurikulum yang dirumuskan dimana terdapat mata kuliah Pengantar Ilmu Pendidikan Humanis, Psikologi Perkembangan Humanis, Teori Belajar dan Pembelajaran Humanis, dan Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan yang Humanis.